Laundry Administration System V.1


Bisnis laundry semakin marak, baik laundry harga kiloan maupun laundry harga per item. Baik paket express maupun paket reguler. Saya sendiri tak jarang ikut menggunakan jasa laundry, saya juga kurang lebihnya tahu bagaimana sistem pencatatan jasa laundry yang saya gunakan. Mereka masih menggunakan sistem pencatatan manual dengan kertas.

Dari kasus di atas, saya iseng-iseng bikin aplikasi desktop untuk menangani sistem pencatatan transaksi laundry. Menurut saya, dengan system ini, jasa laundry dapat melakukan pencatatan dengan lebih rapi terstruktur, karena semua transaksi disimpan dalam database. Sehingga bisa digunakan untuk histori transaksi lebih cepat, mudah, dan terstruktur.

Berikut screen shoot aplikasi laundry yang saya buat :

Login

Login

Transaksi

Transaksi

Aplikasi yang terbilang sederhana, tapi cukup membantu untuk pencatatan, histori transaksi, dan report-report untuk keperluan intern jasa laundry. Aplikasi ini menangani :

1. Master Item (akan menambah button-button item di sistem)

2. Master Customer

3. Master Price (Price per KG)

4. Print Struk

5. Report-report

Aplikasi ini 100% gratis bagi yang berminat (semoga ada, hehehe) bisa tulis komentar di bawah dengan menuliskan alamat email, nanti akan saya kirim aplikasi ini ke alamat email tersebut, beserta cara install/setting.

183 thoughts on “Laundry Administration System V.1

  1. aplikasi yang sangat membantu, tapi bisakah dioperasikan oleh orang2 yang tidak begitu mengenal komputer?
    karena kebanyakan pegawai laundry tergolong belum bgtu mengenal dan mungkin tidak tahu cara mengoperasikan sebuah sistem..
    mudah2an aplikasi yang bapak buat dapat membantu…tq

    • aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin, melihat dari SDM yg akan memakai aplikasi ini, jadi menurut saya sangat dimungkinkan user (pegawai laundry) bisa dengan mudah memakai aplikasi ini (tentu dengan edukasi/ training terlebih dulu)

      Thanks
      Luhur

      • Silahkan download di sini
        Kemudian ikuti langkah2 berikut ini :
        1. Extract file Laundry Administration System V.1.rar
        2. Klik file Laundry Administration System V.1.msi
        3. Klik next sampai instalasi selasai
        3. Setelah instalasi selesai dan berhasil, install database nya terlebih dahulu, dengan cara
        3.1. Klik start menu program, klik All Programm
        3.2. Klik folder Laundry Administration System
        3.3. Klik folder Database
        3.4. Klik xampp-win32-1.7.4-VC6-installer.exe (akan menginstall database mysql), klik next2 aja, klo diminta password administrator dikosongin aja
        3.4. Setelah selesai dan berhasil step 3.4, Klik HeidiSQL_7.0_Setup, klik next2 aja dan pastikan Associate .SQL file with HeidiSQL tercentang
        3.5. Setelah selesai dan berhasil step 3.5, Klik Laundry_db.sql, dan akan muncul dialog box untuk masuk ke HeidiSQL 7.0
        3.6. Di tab Setting, pilih Network type : MySQL(TCP/IP), Hostname/IP : Localhost, User : root, yang laen biarkan aja
        3.7. Klik Open, akan masuk ke HeidiSQL, kemudian klik tombol F9
        3.8. Setelah selesai, tutup HeidiSQL
        4. Setelah step 3 selesai, aplikasi Laundry Administration System V.1 siap dijalankan, login default username : admin, password : admin

        Selamat mencoba
        Jika ada pertanyaan, silahkan balas comment ini, atau by YM : stevi_uul, ato email : stevi_uul@yahoo.com

        Thanks
        Luhur

      • salam kenal
        saya rayan, saya punya kendala pada saat istal 3.6
        yang mana muncul pesan
        can’t connect to mySQL server on ‘localhost’
        mohon dikasi solusi

  2. panggil eka aja,
    instal nya blm..tapi download system nya sudah….
    mungkin weekend nie baru sy bisa install…

    tq
    eka

  3. salam kenal… panggil saja saya cleo…
    maaf… saya anggota baru… boleh saya minta aplikasi dan source code serta cara penginstalannya untuk bahan belajar saya ?
    terima kasih…
    🙂

    • Salam kenal juga
      Boleh..silahkan didownload, diinstall, dan digunakan
      Caranya ada di comment di atas ini.. baca2 dulu aja dan silahkan bertanya jika ada yg kurang dimengerti

      Thanks

  4. Mas setelah diinstal pada tahap laundry_db kan di setting setelah klik open muncul pesan error seperti SQL:error(2003): can’t connect to MySQL ‘localhost'(10061) jadi gimana ngatasinnya ya??
    mohon bantuannya

  5. Halo mas, saya sudah install aplikasinya, sampai dengan langkah 3.5. Tapi pada langkah 3.6 seperti yang dijelaskan, dan saya klik “open”, muncul pesan ERROR sebagai berikut :
    “SQL error (2003): Can’t connect to MySQL server on ‘Localhost’ (10061)”.
    Gimana tuh mas???

    Trima kasih atas bantuannya..
    Salam
    Didi

    • Halo…maaf telat bales

      Apakah xampp nya sudah terinstall dan sudah dijalankan?
      Kalau sudah terinstall pastikan bahwa xamppnya sudah dijalankan, untuk menjalankannya, ikuti langkah2 sebagai berikut :
      1. Cari folder installan xampp, biasanya berada di drive C:\xampp
      2. Masuk ke folder C:\xampp, cari file bernama xampp-control.exe
      3. Buka file xampp-control.exe (klik 2 kali)
      4. Akan muncul windows xampp-control di kanan bawah
      5. Pastikan module SVC Mysql tercentang, dan klik tombol start Mysql, sampai ada tulisannya Running
      6. Kalau status Mysql sudah running, coba ulangi buka HeidiSQL nya untuk langkah2 berikutnya

      Semoga membantu, selamat mencoba 🙂

      Thanks

  6. Halo mas
    saya coba mengunduh dan install.. ada kndala yaitu :
    di langkah :”3.6. Di tab Setting, pilih Network type : MySQL(TCP/IP), Hostname/IP : Localhost, User : root, yang laen biarkan aja” apakah selanjutnya klik new di pop up window session manager? Jika iya, kenapa saya tidak bisa melanjutkan lagi. disitu muncul :
    session name : Unname
    Network type : MySQL(TCP/IP)
    Hostname/IP ; 27.0.0.1
    uSER : ROOT
    pASSWORD : kosong
    Port : 3306
    database dan startup script kosong
    pada saat saya klik open muncul error messege : SQL Error (1045):Access denied for user ‘root’ @ ‘localhost’ (using password : no)
    Mohon pencerahannya

  7. makasih ya….,semoga Tuhan YME membalasnya. Mau nanya…..klo pengisian total KG, yg nggak pas, misalnya 2,5 kg gimana ya………… Saya isikan 2,5 tapi dibacanya 25 kg, jadi total biaya salah deh……mohon dong bantuannya

    • Amien…thanks

      Aplikasi ini pake standard angka yang banyak digunakan, yaitu “titik” menandakan “koma” dan “koma” menandakan “titik”
      Dalam hal ini berarti penulisan Dua Setengah, maka ditulis 2.5

      Semoga membantu

      Thanks
      Luhur

  8. mas mohon petunjuk, sy sdh install programnya tapi saya masih temukan kalau saya coba print notanya di jadikan satu antara harga di PRICE/KG dan Harga / item ko ga bisa ya, satu lg apa bisa ditambah data base HARGA REGULAR/KG & HARGA XPRESS/KG, gmn caranya? JBU

    • Halo…sorry lama balesnya
      Bisa dijelaskan dengan detail ga?mksudnya gmn?mungkin dengan contoh langsung notanya.

      Harga regular dan xpress udah ada settingannya kan disitu?

    • Halo…sorry lama balesnya
      Untuk kasus ini belum diupdate aplikasinya…

      Tunggu aja updatannya, semoga segera terealisasi 🙂

  9. thx alot sebelumnya to agan yohanesluhur….gan mau tanya,software sudah sya install semua sesuai langkah2 diatas…tapi ketika aplikasi d’running keluar text box “no database selected”,dan hanya sampai k’interface login.tapi tetep ketika username n password d’masukin keluar lagi text box “no database selected”…mohon arahan dan bantuannya gan.thx

    • Informasi: sya menggunakan windows 7 home basic/64 bit. apakah ada requirement khusus untuk install sofware ini,krna sdh sya coba install sesuai langkah2 diatas di beberapa laptop lain dan hasilnya pun sama yaitu keluar text box “no database selected”.mohon dibantu…thx

  10. thx alot sebelumnya to agan yohanesluhur….gan mau tanya,software sudah sya install semua sesuai langkah2 diatas…tapi ketika aplikasi d’running keluar text box “no database selected”,dan hanya sampai k’interface login.tapi tetep ketika username n password d’masukin keluar lagi text box “no database selected”…mohon arahan dan bantuannya gan.thx

    Informasi: sya menggunakan windows 7 home basic/64 bit. apakah ada requirement khusus untuk install sofware ini,krna sdh sya coba install sesuai langkah2 diatas di beberapa laptop lain dan hasilnya pun sama yaitu keluar text box “no database selected”.mohon dibantu…thx

  11. gan gmn cara nginstalnya ni muncul terusUnable to locate application file ‘Laundry Administration System V.1.msi’.

    See the setup log file located at ‘C:\Users\yusuf\AppData\Local\Temp\VSDA1C3.tmp\install.log’ for more information.

  12. Sy udh instal dan sukses menjalakan program ini, cuma ada masalah untuk seting harga express, gak bisa, kalo di save langsung menimpah harga reguler, juga untuk seting nama usaha laundry apa memang gak ada?….trusu kuran font pdfnya kekecilan, mohon bantuan apa sy salah seting atau bgm?…selebihnya program ini bagus menurut sy….tq

    • Q dah instal softwarenya, tapi ada masalah ni gan tdak ada jumlahx n di print jg kaga bisa error “index (zero based) must be greater than or equal to zero and less than the size of the argument list”

  13. trima kasih atas aplikasi gratisnya karna saya blum mampu membelinya, perkenalkan saya melly dari Manado, dan saya sangat membutuhkan aplikasi tersebut untuk mempermudah transaksi usaha laundry kiloan saya

    • Kebetulan fasilitas report belum ada, karena aplikasi ini saya bikin iseng2 aja :), kalau struknya sih udah ada

      Regards
      Yohanes Luhur

  14. gan maksih nih atas sofware nya…. ane sudah sedot…

    tapi ada kendala di step 4 gan… pas mo dijalankan ko dia error “No database selected” trus ane klik ok,
    eh keluar lagi tulisan “unhandled exception has occurred in your aplication. if you click continue. the aplication will ignore this error and attempt to continue. if you click quit. the aplication will close immediately No database selected” trus ane klik continue… akhirnya aplikasinya bisa keluar …
    tapi masih belum bisa login…
    klo di klik login langsung muncul “No database selected” lagi …
    kira kira dimana ya letak kesalahanya…
    apa windos 7 ga suport gan… ????

    • Mohon maaf saya tidak punya tutorialnya. Tutorial bisa ibu cari online, banyak kok. Kebetulan aplikasi ini dikembangkan dengan bahasa pemograman C# dan database mySQL

      Regards
      Yohanes Luhur

  15. mas saya mau dunk aplikasinya soalnya saya mau bantu tante saya buat jalanin usahanya.mohon bantuannya ya mas tp ini gratiskan?hehehe

  16. Saya ingin mencoba aplikasinya sepertinya fiturnya lumayan lengkap. Bisakah bapak kirim aplikasinya ke email saya ini. Terimakasih.

    • Udah diikuti petunjuk yang saya tulis, petunjuk ada di comment di blog ini, silahkan dilihat..pastikan semua sudah dijalankan

      Thanks
      Yohanes

  17. halo gan terima kasih atas software nya sedang saya coba tetapi ada suatu masalah saat menjalankan programnya semua instalasi sudah berjalan sempurna, file Laundry_db di running pun bisa, tapi kok begitu buka laundry administrator nya muncul dialog box “No Database”, mohon petunjuk kirim email pradanadana3@gmail.com

  18. Mohon dibantu untuk dikirimkan installernya karena saya liat sangat membantu proses loundry. Terima kasih atas bantuannya sebelumnya

  19. slmt siang mas,
    saya udh download aplikasi dan semua langkah yg dijelaskan tapi tetep saja masih error

  20. semua instalasi sudah berjalan dengan sempurna.. tinggal satu masalahnya mas
    gimana cara setting kertasnya? saya coba print pakai printer epson lx-310 hasilnya kecil banget tidak terbaca… mohon bantuannya. terima kasih

  21. Alhamdulillah. Program ini yg sedang saya butuhkan. Karena saya baru saja memulai usaha laundry dan sempat nanya sama teman yg punya laundry sebelumnya harga program lumayan mahal buat kami yg baru buka dg modal minim. Semoga barokah mas ilmunya dan semoga sukses dunia dan akhirat. Hanya terima kasih yg bisa saya sampaikan.

  22. gan, utk xampp-win32-1.7.4-VC6-installer.exe, HeidiSQL_7.0_Setup, dan Laundry_db.sql knp gak ada ya didlm directory \Laundry Administration System V.1

  23. Kebetulan saya mau coba buka usaha laundry kecil kecilan Bang… bisa minta di share alamat download nya Bang… semoga sama sama tambah rejeki Bang… Amin

Leave a Reply

